Sembuhkan Sembelit dengan Kurma

Buah Kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera merupakan tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Buahnya dikenal dengan nama buah kurma yang biasa dikonsumsi sebagai manisan, terutama di bulan puasa. Kurma sering dijadikan hidangan untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis karena kandungan gula alami di dalamnya dipercaya bisa mengembalikan kebugaran tubuh setelah seharian berpuasa.

Asal-usul buah kurma belum diketahui secara pasti karena sudah tersebar dan dibudidayakan selama ribuan tahun di berbagai penjuru dunia. Namun sebuah penelitian mengarahkan bukti bahwa pohon ku rma berasl dari wilayah di sekitar teluk Persia.

Di balik ketenarannya, buah berbentuk oval ini ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa bagi tubuh. Apa saja? Berikut sederet khasiat kurma bagi kesehatan.

  • Sembelit

Kurma kerap dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa kurma memiliki manfaat baik kalau dikonsumsi oleh penderita sembelit. Agar berfungsi baik sebagai obat pencahar, kurma harus direndam dengan air matang selama semalaman. Kemudian di pagi hari, Anda dapat memakan sekaligus meminum airnya. Ini karena, kurma tinggi serat larut. Dengan demikian, saluran pencernaan sehat, gejala sembelit pun hilang.