Please reload

Recent Posts

Available Now: 4 Varian Baru Jamu Houseblend

August 7, 2017

1/2
Please reload

Featured Posts

Sembuhkan Sembelit dengan Kurma

9 Jul 2015

Buah Kurma yang memiliki nama latin Phoenix dactylifera merupakan tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix. Buahnya dikenal dengan nama buah kurma yang biasa dikonsumsi sebagai manisan, terutama di bulan puasa. Kurma sering dijadikan hidangan untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis karena kandungan gula alami di dalamnya dipercaya bisa mengembalikan kebugaran tubuh setelah seharian berpuasa.

Asal-usul buah kurma belum diketahui secara pasti karena sudah tersebar dan dibudidayakan selama ribuan tahun di berbagai penjuru dunia. Namun sebuah penelitian mengarahkan bukti bahwa pohon ku rma berasl dari wilayah di sekitar teluk Persia.

Di balik ketenarannya, buah berbentuk oval ini ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa bagi tubuh. Apa saja? Berikut sederet khasiat kurma bagi kesehatan.

 

 

  • Sembelit

Kurma kerap dikategorikan sebagai makanan pencahar. Inilah sebabnya mengapa kurma memiliki manfaat baik kalau dikonsumsi oleh penderita sembelit. Agar berfungsi baik sebagai obat pencahar, kurma harus direndam dengan air matang selama semalaman. Kemudian di pagi hari, Anda dapat memakan sekaligus meminum airnya. Ini karena, kurma tinggi serat larut. Dengan demikian, saluran pencernaan sehat, gejala sembelit pun hilang.

 

 

  • Tulang sehat dan gigi kuat

Kurma menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis dini karena mengandung mineral. Bukan hanya itu, kurma juga mengandung selenium, mangan, magnesium, dan tembaga yang merupakan bagian integral dari pertumbuhan tulang sehat, dan gigi kuat. Dengan kata lain, kurma sangat baik dikonsumsi oleh orang lanjut usia dan mereka yang memiliki pengeroposan tulang meski masih muda.

 

 

  • Gangguan usus

Kandunan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Mengonsumsi kurma dalam jumlah moderat dan rutin dapat menghambat pertumbuhan organisme atau bakteri jahat dalam tubuh. Serat larut dan asam amino dalam kurma juga dapat merangsang pencernaan agar makanan dapat lebih mudah diserap.

 

 

  • Anemia

Selain dapat menghambat osteoporosis, kurma juga dapat menjadi suplemen zat besi karena mengandung 0,90 milligram atau 100 gram per buah (sekitar 11 persen AKG). Mereka yang mengeluhkan kekurangan zat besi, lelah, dan lesu, dapat mengonsumsi buah ini. Ini karena besi menjadi komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan kapasitas oksigen pembawa darah.

 

 

  • Alergi

Ini adalah salah satu manfaat kurma: dapat mengurangi reaksi alergi. Hal ini karena, buah kuno yang telah ada sejak abad ke-5 sebelum Masehi ini mengandung sulfur organik. Sebuah penelitian mengungkap, senyawa sulfur organik berdampak positif pada sekitar 23 juta orang di Amerika yang menderita alergi musiman.

 

 

  • Energi

Inilah alasan mengapa Anda harus mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa. Pasalnya kurma kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Sebagai makanan ringan, sekitar setengah jam usai makan kurma, energi dalam tubuh segera terbentuk. Bahkan kurma dapat menjadi camilan sehat di sore hari, terutama ketika Anda sedang merasa lesu.

 

 

  • Bagus untuk saraf dan otak

Ada nutrisi atau vitamin yang menjadikan kurma sebagai dorongan ideal terbaik bagi kesehatan dan fungsi saraf. Kalium dalam kurma merupakan bahan utama untuk meningkatkan sistem saraf yang lebih responsif dan sehat. Alhasil, aktivitas otak dapat meningkat, dapat berpikir cepat, serta menjaga fokus.

Selain itu masih banyak lagi maanfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

 

  •     Menambah nafsu makan

  •     Menyehatkan Mata

  •     Mengendurkan sel-sel darah

  •     Menstabilkan tekanan darah

  •     Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

  •     Mencegah pendarahan saat hamil dan melahirkan

  •     Membantu proses pembekuan darah

  •     Dan lain-lain.

 

 

Please reload

Follow Us
Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive
  • Facebook Basic Square